Rabu, 01 Juni 2016

seperti apakah ponsel android nokia?



Jakarta - Nokia mau kembali ke dunia ponsel dan dipastikan memakai Android. Kira-kira akan seperti apa ya handset besutan Nokia nanti? Tentu banyak yang penasaran, utamanya para fans Nokia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Nokia melisensi pembuatan dan distribusi handsetnya pada perusahaan baru bernama HMD Global Oy bekerja sama dengan FIH Mobile Limited, anak perusahaan Foxconn. Belum jelas kapan handset Nokia perdana mereka muncul, kemungkinan tahun depan.

Harapan tinggi pun dibebankan untuk Nokia. "Secara tradisional, Nokia adalah salah satu inovator terbesar di industri mobile. Sebelum kejayaan Apple dan Samsung, ada Nokia yang tangguh dan unik," tulis Anna Scantlin, kolumnis teknologi di PhoneDog.

"Cara terbaik mendeskripsikan Nokia untuk mereka yang tak ingat adalah, perusahaan ini layaknya Apple di zaman dahulu. Akhirnya, Nokia disalip Apple dan Android yang mengubah cara orang menggunakan handset. Nokia gagal beradaptasi dalam perubahan cepat itu sehingga jadi tidak relevan," papar Anna.

Maka kini, Nokia dinilai tidak lagi bisa mengandalkan nama besar semata. Era kejayaan mereka telah cukup lama berlalu. Dan tak bijak jika Nokia langsung membuat handset high end, mungkin permulaannya mereka harus menyasar kelas menengah ke bawah terlebih dulu.

"Smartphone solid untuk kelas mid to high mungkin tak akan menyamai Galaxy S7 atau iPhone 7, namun akan menandingi nama seperti HTC dan Xiaomi. Merek Nokia masih kuat di negara berkembang dan mungkin mereka berpotensi masuk sepuluh besar produsen ponsel tahun depan," saran Ewan Spence dari Forbes.

Keunggulan Nokia di zaman dahulu mungkin juga bisa dimunculkan kembali. Itu bisa menjadi senjata Nokia agar bersaing di tengah begitu banyak vendor ponsel yang sekarang membanjiri pasar.

"Kekuatan Nokia adalah nostalgia, ketika ponselnya bisa lama hidup dalam sekali isi ulang, ketika game terbaik di dunia adalah Snake dan ketangguhan bodinya. Itulah jenis ponsel yang perlu dibawa kembali oleh Nokia ke pasar," tutur Ewan.

"Lupakan iPhone atau Galaxy, tim yang baru ini bisa saja membangkitkan kembali handset semacam Nokia 3310. Ponsel ini dulu terjual lebih dari 126 juta jadi jelas ada permintaan. Sebuah handset yang kecil, konstruksi tangguh, yang menjalankan Android, bisa menjadi handset tipikal Nokia yang dibutuhkan pasar," pungkasnya.

(fyk/ash) 

sumber : inet.detik.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : seperti apakah ponsel android nokia?