Sabtu, 27 Juni 2015

10 Skill baru yang mesti dikuasai marketing digital atau Internet marketing

Searchenginejournal.com - Dalam dunia internet marketing pasti kita mengenal Website atau blog, sosial media, toko online dll. Disini JurnalTeknologi.com ingin share aja, apa sih yang mesti dikuasi dalam internet marketing yang bahasa kerennya Digital Marketers. Yupz emang tidak dipungkirin dari internet kita bisa menghasilkan banyak manfaat salah satunya yang paling melekat dipikiran Anda adalah uang. Sebenernya selain uang masih banyak lagi si. Ok kita langsung menuju ke TKP apa saja si yang mesti dikuasi dalam dunia Internet Marketing sekarang ini.


1. Writing dan Copywriting

Writing pasti tahu dong, ya artinya menulis. Copywriting sendiri yaitu seni penulisan.
Anda mesti belajar bagaiman menulis dengan jelas dan persuasif. Komunikasi yang jelas itu penting karena mampu menjelaskan ide dan konsep untuk pengembangan, desain, dll. Apabila Anda memiliki kesulitan dalam menulis dengan jelas, maka Anda akan memiliki kesulitan berkomunikasi dengan ide-ide Anda sendiri untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik.

Keterampilan menulis sangat penting dalam Anda memposting konten di website atau blog Anda, dalam internet marketing Anda masti dapat melakukannya. Karena dalam pemasaran digital Anda diminta untuk dapat menulis konten dibebarapa titik dan disini Anda dituntut menguasai keterampilan Copywriting atau seni penulisan dimana dari penulisan Anda orang dapat terarik dengan apa yang ada tawarkan.

2. WordPress

Pernahkan Anda memperhatikan orang-orang sampai saat ini masih banyak menggunakan Microsoft Word, Excel, dan Powerpoint seperti kita lihat keterampilan ini selalu ada didalam CV lamaran kerja.

Pada titik dimana internet belum banyak berkembang, memang dalam menguasai Microsoft Word, Excel, dan Powerponint skiil ini sangat-sangat diperlukan. Dan apabila Anda tidak menguasai dan mengetahui cara mengoperasikannya maka pada saat itu merupakan masalah besar.

Berbeda pada saat ini dimana Internet berkembang begitu pesat, maka dalam pemasaran digital skill atau kemampuan yang relevan sangat dibutuhkan, seperit menggunakan Conten Manajemen System seperti WordPress. Anda tidak hanya dapat memposting konten, tatapi Anda juga dituntun bagaimana dapat mengupload sesuatu ke website ataupun blog Anda dengan terjadwal.


3. Photo Editing

Selain Anda mampu menulis dengan baik dan mampu mengupload tulisan Anda ke WordPress, yang juga penting anda harus memiliki dasar dalam mengedit foto, bukan berarti Anda mesti menjadi seorang desainer yang ahli, tapi alangkah baiknya jika Anda memahami dasar-dasar aplikasi photo editing seperti Photoshop. Ketika photo yang Anda edit terlihat cukup menarik ini dapat membuat menarik perhatian pembaca.

Pada kenyataanya marketer digital perlu menguasai dasar-dasar dalam mengedit foto, karna sebuah gambar atau foto didalamnya bisa digunakan dalam menyampaikan pesan. JT tidak menyarankan bahwa anda mesti menguasai desain untuk konten Anda tapi apabila dapat menguasai Photoshop itu jauh lebih baik.

4. HTML

HTML adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Marketer digital harus mempunyai keterampilan HTML untuk memformat postingan di blog dengan benar atau untuk memperbaiki masalah format pada email yang akan kirimkan.

Sekali lagi, JT tidak mengharapkan marketer digital harus mahir kode pemrograman web, tapi setidaknya mesti tahu dasar-dasar HTML sehingga dapat warna teks maupun link apabila diperlukan untuk dapat mengubah foto atau video agar sesuai dengan kerangka blog. Tetapi akan jauh lebih baik apabila seorang marketer digital belajar HTML.

5. MailChimp

Seperti yang kami kutip dari aldina07.wordpress.com MailChimp adalah sebuah webservice yang menyediakan layanan untuk mengirimkan pesan (Email). Alasan menggunakan MailChimp karna pada jaman internet ini banyak bisnis atau usaha yang menggunakan aplikasi perangkat lunak dalam memanajemen email. Entah itu MailChimp, Infosionsoft, atau aweber pada faktanya dilapangan banyak marketing digital menggunakan aplikasi perangkat lunak dari pihak ketiga.

6. Google AdWords 

Google AdWords memudahkan Anda untuk menjangkau pelanggan lebih tertarger dengan padatnya lalu lintas konten diinternet. Memang kita haru mengeluar dana tidak sedikit tapi dengan Google AdWords akan lebih cepat website atau blog Anda berada di rangkin atas Google dimana akan berpeluang besar orang akan membeli produk apa yang ada tawarkan.

7.  Facebook Advertising

Keterampilan penting lain adalah bagaimana marketer digital mesti belajar bagaimana menjalankan iklan di Facebook dan memanfaatkanya secara efektif. Iklan difacebook lebih brtarget seperti Google Adwords.

8. Social Madia Marketing

Keterampilan lain yang sangat penting adalah pemasaran dengan media sosial, sedikit berbeda dengan menjalankan di Facebook. Disini Anda tidak perlu membayar Anda hanya berbagi konten dan berinteraksi langsung dengan calon pelanggan. Marketer Digital mesti menguasai berbagai media sosial selain Facebook ataupun Twitter, apabila Anda tidak mengerti dalam menggunakan media sosial maka Anda tidak tahu cara berinteraksi dengan calon pelanggan.

9. Search Engine Optimation (SEO) 

SEO salah satu skill yang sangat penting untuk marketer digital. Memang tidak harus menjadi ahli SEO, tetapi penting untuk memahami bagaimana SEO bekerja sehingga Anda dapat memanfaatkanya untuk bisnis online Anda.

10. Conversion Rate Optimation (CRO)

CRO seperti dilansir wikipedia di kutip dari jefferlysuperclub.com CRO adalah metode menciptakan pengalaman (experience) pada sebuah situs website guna mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan (pembeli).

Memang dibanding dengan SEO (Search Engine Optimation) istilah CRO masih kalah populer dan masih banyak juga para blogger belum tahu dan paham apa itu CRO. Jika kita menggunakan teknik SEO tujuannya sendiri mendatangkan trafik/pengunjung ke website kita, sedangkan CRO disini seorang marketer digital akan mengoptimalkan website agar pengunjung yang tadi datang bisa dikonversi membeli produk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Skill baru yang mesti dikuasai marketing digital atau Internet marketing