Selasa, 03 November 2015

Proyek Balon Google Akan Segera Mengudara di Indoneseia

Jurnalteknologi - Alphabet, induk dari perusahaan Google, telah mengumumkan bahwa tes untuk proyek menyediakan konektivitas internet melalui balon akan dilakukan di Indonesia yang akan dimulai pada tahun depan.

Google X akan bekerja sama dengan tiga perusahaa telekomunikasi terkemuka di Indonesia diantaranya Telkom Indononesia Unit dari Telkomsel, XL Axiata dan Indosat, dimana nota kesepahaman telah di tandatanganin oleh masing-masing pihak.

Sebelumnya Google X pertama kali mengumumkan Proyek Loon tersebut pada tahun 2013 dan telah melakukan tes uji coba di Salandia Baru, Australia dan Brasil bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi Lokal. Sri Langka juga telah memutuskan untuk berpartisipasi.

Konektivitas melalui balon dengan menerbangkannya di udara adalah cara untuk menyediakan layanan internet di daerah-daerah di mana serat optik dan BTS sulit dibangun. Memang sepertinya untuk di Indonesia cara ini sangat di butuhkan dalam menyebarkan konetivitas internet ke seluruh penjuru Indonesia. Karna Indonesia terdiri dari sekitar 17.000 pulau, merupakan populasi terbesar keempat di dunia, tetapi hanya satu dari tiga orang Indonesia dapat terhubung ke internet dan sebagain besar hanya dapat mengakses internet dengan kecepatan 2G.

Untuk melakukan tes uji coba di Indonesia, beberapa balon akan melayang di udara pada ketinggian sekitar 20.000 meter dan akan digunakan sebagai BTS untuk smartphone dengan menyediakan layanan LTE berkecepatan tinggi.

Bagaimana menurut Anda apakah metode seperti ini sangat dibutuhkan oleh Indonesia?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Proyek Balon Google Akan Segera Mengudara di Indoneseia