Senin, 27 Juli 2015

Bagaimana Starups Seperti Google dan Facebook menjadi besar setalah gagal dalam penawaran akuisisi

Sekarang ini adalah era startups. Dengan datangnya startups banyak kehebohan, penawaran, simpatisan, dan mungkin penolakan dan gagal dalam akuisisi. Semua pendiri dan karyawan dari startups pasti bermimpi ingin perusahaannya menjadi berkembang dan besar suatu hari nanti.
Kadang kita lihat atau membaca informasi dari internet bahwa perusahaan besar sering menegur para startups untuk mencari ide-ide gila karna hal itu akan dirindukan oleh mereka. Memang dalam beberapa kasus, begitu startup tersebut meraksasa mereka berakhir menjadi pesaing merek-merek besar yang sudah ada.

1. Google hampir terjual ke Excite senilai $ 750.000

Tidak ada daftar startup di dunia ini tidak dimulai dengan Google. Anehnya, perusahaan Page dan Brin pernah di tawar Excite pada tahun 1999 sebesar $ 1 juta dan sempat ada negosiasi hingga turun $ 750.000. Sial bagi Excite, kesepakatan gagal ini mengakibatkan Google saat ini memiliki nilai lebih dari $ 500 miliar. By the way, apakah Anda pernah dengar tentang Excite?

2. Blockbuster tolak beli Netflix sebesar $ 50 juta

Blockbuster adalah raksasa Amerika dalam memberikan video dan game melalui berbagi layanan. Netflix adalah startup muda yang sempat kehilangan uang. Jadi, mereka manawarkan untuk menjual Netflix ke Blockbuster sebesar $ 50 juta. Namun tampaknya Blockbuster, tidak memahami ide Netflix dan menolaknya. Saat ini dan hari ini Netflix memiliki nilai sekitar $ 50 miliar. Sementara Blockbuster  bangkrut pada tahun 2011.
3. Google tolak $ 3 miliar dari yahoo

Google telah meningkat dan berkembang pesat setelah tahun 2000. Yahoo melihat kesempatan dan mencoba untuk mencapai kesepakatan sebesar $ 3 miliar. Google menolak dan setelah IPO pada tahun 2004, Google memikat pasar dengan mengumpulkan dana $ 23 miliar.

4. Facebook tolak $ 1 miliar penawaran dari Yahoo

Hanya dua tahun berjalan dimulai pada tahun 2006, proyek kuliah Zuckerberg dan teman-temannya ini di tawar oleh yahoo seharga $ 1 miliar. Facebook menolak tawaran tersebut. Sepertinya Mark memiliki sesuatu rencana yang lain.

5. Facebook ternyata pernah ditawar microsoft sebesar $ 15 miliar.

Hanya berselang satu tahun kemudian, nilai tawaran facebook naik menjadi $ 15 miliar dolar Amerika yaitu dari sang raksasa Microsoft, namun akhirnya Microsft hanya dapat memiliki saham 1,6% di Facebook. Penolakan tersebut telah membuat facebook makin besar.

6. Twiiter di tawar Facebook $ 500 juta dolar Amerika

Facebook dengan cepat menjadi besar yang berawal dari startup perguruan tinggi dengan merek besar. Facebook berencana membeli Twitter dengan bandrol $ 500 juta dolar Amerika. Tapi dengan rasa hormat ketika itu Twitter menolaknya dan Anda tahu bagaiman Twitter sekarang, yupz Twitter sampai hari ini mempunyai nilai harga lebih yang pernah disodorkan oleh Facebook.

7. Snapchat menolak tawaran Facebook senilai $ 3 dolar Amerika

Startup lain yang menolak tawar Facebook, dengan tetap menjaga kepercayaan diri Snapchat telah membuktikannya.

8. Yahoo tolak $ 44,6 dolar Amerika dari Microsoft

Microsoft telah kehilangan popularitas sebegai merek sejak munculnya Google. Bahkan tidak ada perusahaan lain yang terkenal sebagai mesin peramban internet selain Google. Microsft pernah mencoba untuk mengakuisisi Yahoo sebesar $ 44,6 miliar dolar Amerika. Yahoo menolak tawaran yang datang dari Microsoft dan akhirnya Microsoft hadir dengan mesin pencarinya Bing.

Jika Anda seorang pendiri startup dan memiliki dalam keyakinan apa yang Anda lakukan, maka siapkan diri Anda, siapa tahu dunia menulis tentang Anda berikutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bagaimana Starups Seperti Google dan Facebook menjadi besar setalah gagal dalam penawaran akuisisi